Strategi Dan Taktik Dalam Sepak Bola

  • July 30, 2020

Bisa dikatakan, taktik ini adalah taktik menyerang, dengan hanya meninggalkan satu gelandang di belakang yang membantu empat pemain bertahan. Untuk dapat mengalahkan lawan dibutuhkan seorang pelatih yang menjadi pengatur taktik, strategi dan formasi pemain. Peran pelatih sangat sentral dalam hal ini, bagaimana dia memilih formasi pemain, membuat taktik dan strategi untuk bisa mengalahkan lawan. Sekarang kita telah membentuk gaya bermain tim, setelah itu kita perlu melihat bagaimana ini bisa diterapkan dalam cara mereka bermain.

Dan yang terakhir adalah formasi, formasi yang cukup tua dan lebih jarang diterapkan dibanding empat formasi di atas. Namun, beberapa kali Jose Mourinho dan Pep Guardiola terbukti berhasil menerapkan taktik ini pada beberapa kesempatan. Tim-tim seperti Everton, Leicester City dan beberapa klub lain sering menerapkan taktik ini.

4-3-3 yaitu formasi yang terdiri dari 4 bek, 3 pemain tengah, dan 3 penyerang. Dengan 3 pemain tengah dan 3 penyerang memungkinkan penguasaan bola yang patut di daerah lawan.

Untuk menghadapinya anda dapat melakukan pora penyerangan dengan mengoper bola panjang secara langsung agar lawan dapat keluar dari pertahanan yang mereka buat. Pola penyerangan sepak bola ini memang berguna untuk memancing lawan agar pertahanan mereka dapat ditembus. Pola ini memanfaatkan sayap kanan dan sayap kiri dalam mengacaukan pertahanan lawan. formasi ini lebih fleksibel dn melupakan fariasi dari formasi dengan menarik salah satu pemain depan keposisi gelandang. Pertahanan hampir sama denga formasi hanya perbedaannya pada formsi ini pertahanan mendapatkan dukungan yang lebih baik dari tiga pemain lapangan tengah, yang mengisi daerah depan area pertahanan.

Permainan seperti ini dapat ditunjukan oleh tim papan atas liga Spanyol yaitu Barcelona. Ini adalah formasi paling umum yang digunakan kebanyakan orang karena relatif aman untuk digunakan. Lebih-lebih, kamu tidak harus punya pemain bagus di setiap posisi, cukup di striker dan pemain sayap saja.

Ketika Anda membangun sebuah taktik, yang sangat penting adalah anda melihat bagaimana tim anda menyerang dan pergerakan antar ruang (space) ketika akan maju (fase build-up). Ketika bertahan, anda dituntut untuk bagaimana mengontrol lini per lini, atau ruang kosong untuk melakukan pressing ketika anda tidak memiliki bola atau kehilangan bola. Pola pertahanan dalam permainan sepak bola menggunakan beberapa formasi yang digunakan untuk menjaga daerah sendiri. Dibawah ini terdapat beberapa formasi pola penyerangan sepak bola. Selanjutnya terdapat pola penyerangan dalam permainan sepak bola yang digunakan untuk menghadapi pertahanan rapat dari lawan.

Membuat taktik mengharuskan anda memikirkan lapangan dalam hal tata ruang. Anda perlu melihat sistem dalam serangan dan cara bertahan, juga jangan lupakan pergeseran (transisi) dari menyerang ke bertahan atau sebaliknya.

Dengan kombinasi ini, kedua pemain belakang (full back) dan pemain lapangan tengah dapat melakukan trobosan. Biasanya ketiga penyerang melakukan tekanan terhadap pertahanan lawan, dan harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencetak gol.

Jayquan

E-mail : admin@remarkableapp.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*